Rabu, 26 Januari 2011

Terlanjur Basah

Orang yang teguh hatinya dan menjalani kehidupan ini dengan pasti tidak akan bertindak sembrono. Ia akan selalu mengambil sikap melihat dan menimbang sebelum berbuat, agar tidak menyesal dikemudian hari. Jika hasil yang dicapai sesuai dengan keinginannya, maka ia memuji Allah dan berterima kasih kepada Nya karena ia bisa mengeluarkan keputusan yang tepat. Dan jika yang terjadi ternyata tidak seperti yang dikehendaki maka dia akan mengatakan, "Allah telah menakdirkan demikian, dan apa yang Allah kehendaki akan Dia lakukan" dengan hati yang menerima dan tidak bersedih. ( LTjb).

Aku kutip lagi penggalan buku LTjb diatas untuk mengingatkan aku akan kejadian yang tidak direncanakan. Apakah aku telah bertindak sembrono dengan bergabung kongsi berkebun jagung 2,5 ha disawah orang. Aku tidak sepenuhnya mengiyakan pernyataan ini. Tapi yang pasti kami menunggu keajaiban dari Yang Maha Berkehendak. Aku menerima dan tidak bersedih. Apa pasalnya?

Jagung yang kami tanam sekarang berumur dua puluh lima hari, hidupnya merana. Tidak seperti yang kami bayangkan, tidak seperti normalnya jagung seusia 25 hari. Cuaca rupanya kurang bersahabat. Hujan hampir setiap hari mengguyur sawah yang awal tanamnya dalam kondisi kering. Semula kami berbesar hati karena setelah tanam hujan turun, seolah pertanda apa yang kami usahakan ini akan berjalan mulus. Tunaspun tumbuh walaupun tidak bersamaan. Namun rupanya Allah menghendaki malaikat menurunkan hujan lebih dari cukup bahkan berlebihan. Sehingga aku yakin walau tidak menyaksikan setiap hari, dengan curah hujan yang tinggi membuat sawah tergenang air....dan mungkin setiap hari. Bisa dibayangkan tunas yang masih butuh ketenangan tumbuh itu stres terendam air hujan beberapa hari. Dan itu tidak cukup mengatasinya dengan membuat parit dipinggir petakan sawah.

Kalaupun parit diperdalam, apakah itu akan menjawab semua masalah tumbuh kembang situkul yang sekarang merana? Kami menghitung cost yang akan dikeluarkan lagi untuk memperdalam parit. Pasti tidak sedikit, dan itu tidak ekonomis karena kami berpikir itu bukan satu2nya jalan untuk mengatasi permasalah ini. Aku dan mas Budi pagi ini sudah mengelilingi luasan sawah yang sudah tertanam bibit jagung. Tidak ada lahan yang alpa ditanami, bibit semua tumbuh. Tapi tingkat pertumbuhannya sangat memprihatinkan. Kalau aku bandingkan jagung usia 25 hari masih seperti usia seminggu. Merana...merana kondisinya situkul...hik hik hik..Betul memang belum dipupuk. Tapi akan mubazir jika pupuk ditebar sekarang karena akan tersapu air hujan..percuma. Dan kondisi tanah tidak memungkinkan untuk didangir/diparit...becek berlumpur layaknya sawah akan ditanam bibit padi.

Dari luasan 25 ribu meter persegi mungkin hanya sekitar 10% yang terlihat tumbuh normal. Tinggi maksimal saat ini sudah mencapai 40 senti meter. selebihnya masih sepuluh-limabelas cetimeter dari tanah, daun menguning, batang kecil dan kerdil. Dari pengamatan kami faktor utama dari kekerdilan ini adalah curah hujan yang sempat merendam situkul kecil beberapa hari. Tapi setelah diamati tidak sepenuhnya karena hujan, kami mulai curiga dengan bibit yang ditanam. Sebab dalam kondisi yang sama terendam ada tanaman yang hidup normal. Apakah menggunakan bibit yang kadaluarsa? tertarik menggunakan bibit jelek karena selisih harga yang tidak seberapa? Dioplos?

Aku tidak akan mengupas panjang lebar masalah ini. Sementara ini jika curah hujan masih tinggi kami tidak dapat berbuat banyak. Dipupuk kondisi tanah tidak mengijinkan, diparit biaya membengkak, disulam bibit dengan bibit yang bagus takut intensitas hujan tidak berkurang dan tidak ekonomis juga. 
Apakah kami telah melakukan hal yang sembrono? Wa Allahu a'lam. Sementara ini kami menunggu keajaiban dari langit dan berharap hujan seminggu atau sepuluh hari jangan turun dulu, itu permintaan kami ya Allah. Sehingga mungkin kami bisa melakukan langkah yang tepat untuk menyelamatkan situkul yang malang. atau sudah terlambat? Kita tunggu saja seiring berlalunya musim tanam padi gaduhan dipetak sawh disekitar tanaman jagung kongsian kami. Wassalam.

1 komentar: