Rabu, 26 Januari 2011

" Dan, apabila aku sakit, Dia lah yang menyembuhkan aku."

Abqaraat pernah mengatakan,"Mengurangi bahaya jauh lebih baik daripada memperbanyak manfaat."
Dalam kesempatan lain dia mengatakan,"Jagalah kesehatanmu dengan meninggalkan rasa malas karena capek, dan dengan tidak memenuhi lambung dengan makanan dan air."

Seorang yang bijak mengatakan, " Barang siapa ingin sehat, maka hendaknya ia memperbaiki menu makannya, makan dalam keadaan bersih, minum saat sudah betul-betul haus, mengurangi kebiasaan banyak minum, merebahkan badan setelah makan siang, berjalan-jalan setelah makan malam, tidak tidur hingga membuang hajat terlebih dahulu, jangan mandi setelah makan, dan berhubungan badan sekali dimusim panas lebih baik daripada sepuluh kali dimusim dingin."

Al-Harits mengatakan,"Barang siapa ingin awet muda (maksudnya,bukan tidak pernah mati) ia harus menyegerakan makan siang, menyegerakan makan malam, menipiskan selimut, dan mengurangi hubungan badan dengan istri."

Plato mengatakan,"Ada lima hal yang yang dapat melemahkan tubuh, bahkan bisa-bisa membunuhnya : jatuh miskin, berpisah dengan orang-orang yang dicintai, terlalu banyak minum yang asam, menolak nasehat, dan bersama-sama orang yang bodoh mentertawakan orang-orang yang pandai."

Nasehat Abqaraat :" Setiap yang berlebihan itu bertentangan dengan tabiat jiwa."
Galenos pernah ditanya: "Mengapa anda tidak pernah sakit?"
Dia menjawab, " Sebab saya tidak pernah mencampurkan antara dua makanan yang tidak baik, tidak memasukan makanan kedalam makanan yang lain, dan tidak menyimpan makanan yang akan melukai didalam pencernaan."

Ada empat hal yang membuat badan sakit, yaitu: terlalu banyak bicara, terlalu banyak tidur, terlalu banyak makan, dan terlalu banyak melakukan hubungan badan. Terlalu banyak bicara membuat kemampuan otak menurun, membuatnya lemah dan mempercepat tumbuhnya uban. Terlalu banyak tidur akan membuat wajah menjadi pucat, hati menjadi buta, mata menjadi jelalatan, malas bekerja, cenderung berperilaku kasar,serta penyakit-penyakit lain yang sulit dicari obatnya. Terlalu banyak melakukan hubungan badan akan membuat badan menjadi lemah, membuat kekuatan menurun, menurunkan kebugaran tubuh, membuat otot mengendur, dan menimbulkan dampak membahayakan ke seluruh tubuh. Dampaknya terhadap otak adalah daya ingat menurun karena otak dibuat terlalu letih, dan kemampuannya untuk menurunkan kemampuan tubuh lebih besar dibandingkan dengan kegiatan-kegiatan lainnya.

Ada empat hal yang merusak tubuh, antara lain: cemas, sedih berkepanjangan, lapar, dan kurang tidur malam.

Ada empat hal yang memberikan kesenangan kedalam hati, yaitu: melihat yang hijau-hijau, melihat air yang mengalir, melihat kekasih, dan melihat buah-buahan.

Kami lihat wajah-wajah itu sepintas membuat jiwa berbinar, 
karena keindahan yan kami lihat.

Empat hal yang bisa membuat pandangan mata menjadi gelap antara lain: berjalan tanpa alas, bersedih dipagi buta dan sore hari menjelang tidur, terlalu sering menangis, dan terlalu banyak membaca tulisan-tulisan yang sangat kecil.

Empat hal yang membuat badan menjadi kuat antara lain: Mengenakan pakaian yang lembut, mandi dengan air hangat, makan makanan yang manis dan berlemak, dan mencium wewangian.

Empat hal yang menghilangkan kesegaran dan keceriaan wajah antara lain: berbohong, tak tahu malu, terlalu banyak bertanya yang tanpa dasar, dan banyak melakukan maksiat.

Empat hal yang membuat wajah semakin segar antara lain: menjaga harga diri, menepati janji, dermawan, dan takwa.

Empat hal yang mendatangkan kemarahan dan kebencian antara lain: takabur, dengki, bohong, dan suka mengadu.

Empat hal yang bisa mendatangkan rezeki antara lain: bangun malam untuk shalat, banyak beristighfar menjelang fajar, membiasakan memberi, dan membiasakan diri berdzikir di sore hari

Kutanyakan pada malam adakah rahasia dalam dadamu,
wahai yang menyembunyikan rahasia dan kabar?
Dia menjawab,ya, takkan kubocorkan rahasia sepanjang hayatku,
Kecuali kepada mereka yang datang menjelang fajar.

Empat hal yang akan mencegah datangnya rezeki antara lain: tidur di pagi hari, jarang shalat, malas, dan suka berkhianat.

Empat hal yang akan membahayakan pemahaman dan kemampuan otak antara lain: ketagihan makanan yang masam dan buah-buahan, tidur terlentang, resah, dan gundah.

Empat hal yang akan menambah daya pemahaman antara lain: hati yang bersih, tidak menjejalkan makanan dan minuman kedalam tubuh secara berlebihan, mengatur menu makanan yang baik dengan menambahkan makanan yang manis dan mengandung lemak, membuang semua endapan makanan yang memberatkan badan. WaAllahu a'lam. ( LT.jbDR.Aidh al-Qarni.)






1 komentar:

  1. past posting tggl dirubah warnanyaa kan bss mas

    BalasHapus